International Stastitical Classification of Diseases and Related Problems

ICD-10 telah didukung oleh sebagian besar Badan Kesehatan Dunia pada bulan Mei 1990 dan mulai digunakan di negara-negara anggota WHO sejak tahun 1994. Edisi pertama, yang dikenal dengan International List Causes of Death, diadopsi oleh International Institute Statistic pada tahun 1893. WHO mengambil alih tanggung jawab pembuatan ICD pada tahun 1948 saat revisi ke enam, yang mana didalamnya termasuk penyebab sakit, untuk pertama kalinya diterbitkan.

ICD yang merupakan standar internasional untuk semua klasifikasi diagnostik epidemiologi umum, yang banyak digunakan untuk kepentingan manajemen kesehatan dan klinis. Hal ini mencakup analisis situasi umum kesehatan penduduk dan pemantauan insiden dan prevalensi penyakit serta masalah-masalah kesehatan lainnya dalam kaitannya dengan berbagai variabel seperti keadaan dan karakteristik dari individu-individu yang terkena, penggantian, alokasi sumberdaya, kualitas dan lain-lain.

ICD juga digunakan untuk mengklasifikasikan penyakit dan masalah-masalah kesehatan lainnya yang tercatat pada berbagai jenis catatan kesehatan seperti sertifikat kematian dan rekam medis. Selain itu dimungkinkan juga untuk melakukan penyimpanan dan akses informasi diagnostik klinis dan epidemiologi, catatan ini juga memberikan dasar untuk melakukan perbandingan secara nasional atas statistik mortalitas dan morbiditas diantara negara-negara anggota WHO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s